Selasa, 07 Januari 2014

Cara Memilih Laptop Pribadi



Permintaan laptop semakin meningkat. Dulu hanya professional dan ekskutif yang menggunakannya. Sekarang, banyak organisasi dan rumah yang juga menggunakannya untuk menggantikan komputer desktop. Dengan adanya perubahan kebiasaan dan kemudahan mendapatkan serta bergabung ke jaringan wireless, penjual laptop mulai melebihi deskop sejak pertengahan 2005.
Namun, membeli laptop saja tidak otomatis menjadikan Anda pengguna komputer mobile yang efektif. Dengan semakin ketatnya kompetisi, banyak toko perlengkapan kantor dan toko elektronik yang menjual laptop dengan harga rendah. Masalahnya, karena ingin menekan harga, banyak laptop yang tidak begitu siap untuk komputasi dunia nyata. Berikut adalah factor yang perlu Anda lihat pada laptop untuk membantu Anda dalam memilih model yang bisa memenuhi kebutuhan Anda.


Sistem Operasi
Sebagian besar laptop yang dijua di toko perlengkapan kantor dan toko elektronik besar sudah diisi dengan sistem operasi Microsoft. Membeli PC yang dipasang Windows 7 Basic bukan merupakan persoalan, paling tidak pada awalnya. Dalam banyak hal, ini malah terlihat menguntungkan. Mengapa Anda harus membayar lebih untuk edisi bisnis jika yang perlu Anda lakukan adalah menulis dokumen, mengolah spreadsheet, mengirim dan menerima e-mail, dan menggunakan internet?
Namun, versi bisnis menawarkan banyak fitur yang mungkin saja nanti dibutuhkan. Selain itu, migrasi dari lingkunganworkgroup ke sistem client-server kadang diperumit dengan harus membeli lisensi (belum lagi waktu dan biaya yang berhbungan dengan upgrading setiap komputer user).

Sistem operasi stand-alone biasanya tidak mendukung penggabungan ke domain maupun koneksi remote. Karena itu, pada waktu membeli laptop, pastikan sudah ada sistem operasi yang akan memenuhi semua kebutuhan komputasi Anda.

CPU
Laptop yang diiklankan dengan harga menarik sheingga tidak mempunyai CPU yang kuat. Pada waktu memilih komputer portable, belilah model dengan CPU yang disesuaikan untuk komputasi mobile. Jika tidak, Anda bisa berakhir dengan laptop yang membutuhkan waktu lima sampai tujuh menit untuk masuk ke Windowss, pemakaian baterai singkat, dan tidak bisa menjalankan aplikasi yang Anda gunakan.

CPU Intel i3 mempunyai performa yang sangat baik. Selain tenaga pemrosesan yang besar, chip ini juga menggunakan energi yang lebih sedikit (sehingga pemakaian baterai bisa lebih lama) dan mengeluarkan panas yang lebih sedikit, dibandingkan dengan CPU Pentium sebelumnya. Laptop yang menggunakan chip ini (2.0 GHz dan lebih tinggi) bisa memenuhi semua kebutuhan komputasi untuk tiga atau empat tahun kedepan.

RAM
Bnayak laptop Windows Vista yang dipasarkan mempunyai RAM 1 GB. RAM sebesar itu memang lebih cukup untuk Linux, tetapi biasanya tidak cukup untuk menjalankan sistem operasi Windows 7 secara lancer. Bagi pengguna yang ingin menjalankan beberapa aplikasi secara simultan pada laptop Windows 7, sebaiknya lengkapi laptop dengan RAM 2 GB. Meskipun sebgaian besar pengguna tidak menganggap diri mereka sebagai power user, RAM 2 GB harus menjadi standar bagi pengguna yang ingin  menjalankan beberapa aplikasi Office sambil surfing di Internet dan mengecek e-mail. Bagi Anda yang ingin mengedit foto digital atau memainkan game pada sistem Windows 7 juga harus upgrade ke RAM 2 GB.

Video Card
Pada waktu Anda ingin membeli laptop, pilihlah model yang paling sedikit mempunyai RAM onboard 128 MB. Jika Anda ingin menjalankan aplikasi teknik dan penggambaran, produksi video, atau games, Anda harus upgrade ke video card dengan RAM 256 MB.

Port
Laptop ekonomis sering hanya mempunyai sepasang port USB tanpa port serial, parallel, atau DVI dan hanya punya satu port VGA ( jika port video memang ada). Pada waktu membeli laptop, lihat spesifikasi teknisnya dan pastikan port yang Anda butuhkan ada. Sebagian besar laptop sekarang sudah dilengkapi dengan NIC, tidak selalu punya slot PC Card. Jadi, itu juga factor yang harus dipertimbangkan pada waktu hendak membeli laptop.

Ukuran Layar
Model dengan layar 14 inci lebih mudah dibawa bepergian, dibawa ke dalam pesawat dan kedai kopi. Mereka juga jauh lebih ringan dan jika diperlukan, Anda bisa memadukannya dengan layar 17 inci di meja Anda. Jika laptop Anda hanya kadang-kadang saja dibawa keluar, layar yang besar mungkin sesuai untuk Anda. Namun, jika tidak, belilah model dengan layar yang 14 inci. Pastikan juga laptop tersebut mempunyai port yang dibutuhkan seperti yang disebutkan sebelumnya.

Wireless Terintegrasi
Sudah menjadi standar bahwa laptop yang dipasarkan sekarang ini sudah dipasangi kartu wireless (Wi-Fi) 802.11g. Namun, tentu saja itu bukan keharusan dan tidak semua model memilikinya. Pastikan laptop yang akan Anda beli mempunyai teknologi Wi-If yang Anda butuhkan. Baca spesifikasinya secara seksama untuk memastikan model yang Anda beli menyediakan konektivitas wireless yang Anda butuhkan.

Bluetooth Terintegrasi
Dulu, teknologi bluetooth yang terintegrasi pada laptop merupakan barang mewah. Sebagian besar pengguna sekarang mengasosiasikan bluetooth dengan hands-free­ wireless yang digunakan pada telepon seluler. Namun, bluetooth juga semakin penting untuk menghubungkan perangkat handheld ke laptop. Dengan teknologi bluetooth, Anda bisa menyinkronisasi kontak, e-mail, kalender, dan daftar task ponsel ke laptop secara wireless. Teknologi bluetooth juga bisa digunakan untuk menguhubungkan mouse wireless ke laptop.

Touch Pad
Mempunyai touch pad atau pointer yang canggih tidaklah penting. Pastikan saja Anda memilih laptop yang mempunyai perangkat pointing yang Anda suka. Beberapa model melakukan scrolling ketika dua jari digunakan. Ada juga yang melakukan scrolling ketika satu jari digunakan (seperti laptop Apple). Laptop lain ada yang touch pad-nya mempunyai dua area terpisah, seperti yang terdapat pada Compaq Presario, untuk scrolling dan pointing.

Cobalah model yang akan Anda beli untuk memastikan touch pad-nya nyaman. Meskipun Anda berencana menggunakan mouse eksternal, ada kalanya Anda mungkin lupa membawa dan hanya touch pad yang Anda miliki.

Pemakaian Baterai
Pemakaian baterai sangat penting, tetapi bukanlah penghalang. Pada waktu membeli laptop, jika satu baterai tidak menyediakan masa pakai yang dibutuhkan, Anda bisa membeli baterai kedua.

Namun, banyak pengguna yang tidak mau direpotkan dengan membawa beberapa baterai. Biasanya, baterai laptop di-upgrade dari enam atau sembilan sel ke dua belas sel (jika ada). Baterai yang lebih besar bisa bertahan lebih lama dan ini merupakan factor penting bagi mereka yang bepergian melalui udara.

Perlu diketahui bahwa sel baterai yang lebih besar sering membuat ukuran baterai lebih menonjol. Dengan kata lain, baterai bisa mengurangi estetika laptop. Bagaimana pun juga, tidak ada yang pernah mengatakan bahwa fungsionalits tidak ada harganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkaslainnya © Berdiri sejak 5 Januari 2013. | Powered by : Blogger

Didesain oleh : Tim Berkaslainnya

China jadi negara Kristen terbesar sejagat 15 tahun lagi @ @ @ Ini yang diincar Samsung dari BlackBerry di balik rencana akuisisi @ @ @ BlackBerry tolak mentah-mentah rayuan akuisisi Samsung; @ @ @ Dalam seminggu, video bayi kebingungan ini ditonton 12 juta kali @ @ @ Hacker muslim lancarkan jihad digital, 19.000 situs jadi korban! @ @ @ Twitter media Amerika dibajak, sebut Paus umumkan perang dunia ke-3 @ @ @ 2015, Apple bikin iPhone mungil
CR7 Absen, Bale Ingin Cetak Lebih Banyak Gol @ @ @ Simeone: Messi Jauh Lebih Berbahaya Dari Trio BBC @ @ @ Agen: Balotelli Tetap di Liverpool
Menteri Yuddy juga wajibkan PNS baru laporkan harta kekayaan @ @ @ Ahok imbau warga Jakarta rajin olahraga agar tak sering sakit
Patriark Gereja Ortodoks mengutuk penghinaan terhadap Nabi Muhammad @ @ @ Misionaris Korea Selatan di antara penumpang pesawat AirAsia: Sangat berdedikasi @ @ @ Keputusan pelarangan penggunaan kata “Allah” ancaman terhadap kebebasan beragama di Malaysia @ @ @ Profesor Muslim dibunuh karena membela umat Kristen di Irak @ @ @ Australia serukan tujuh hari doa dan puasa untuk umat Kristen di Irak, Suriah dan Timur Tengah